BeritaBidang LayananKegiatan

Workshop Gemar Membaca bertema “Pemanfaatan Perpustakaan di Era Digital”

Malang, 30/09/2024

Nawak Dispussipda, pada Rabu 25 September 2024. telah dilaksanakan kegiatan Workshop Gemar Membaca oleh Bidang Layanan dan Pengembangan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang.

Mengambil tema “Pemanfaatan Perpustakaan di Era Digital”, kegiatan ini menyasar pada Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang merupakan pegiat literasi dan penulis, dan Forum Anak dari 3 Kelurahan di kota Malang.

Diawali laporan kegiatan oleh Kepala Bidang Layanan dan Pengembangan Perpustakaan Linda Desriwati, SKM yang kemudian berlanjut dengan pengarahan serta pembukaan oleh Kepala Dispussipda Ir. Yayuk Hermiati, MH., workshop diisi dengan paparan oleh Pengelola OKP Gubuk Tulis, Al Muiz Liddinillah. OKP Gubuk Tulis ini merupakan salah satu dari sekian banyak OKP yang peduli akan kegiatan literasi dan penulisan di kota Malang. Berdiri sejak tahun 2016, OKP Gubuk Tulis yang diinisiasi oleh mayoritas mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di kota Malang ini, punya beragam kegiatan seperti Tebar Baca yang menggelar lapak baca buku di Taman-taman kota, Sekolah Literasi hingga Jagongan antar peminat dunia penulisan di Malang.

Materi berlanjut dengan paparan dari pustakawan Dispussipda, Santoso Mahargono, S.Sos yang menguraikan tentang perpustakaan digital yang sudah dijalankan Dispussipda Kota Malang. Ada beberapa kanal akses perpustakaan digital yang bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat. Antara lain aplikasi MalangCilin, Tugu Baca di Alun-alun, Titik Baca di area Balaikota, Mal Pelayanan Publik serta Malang Creative Center dan Perpustakaan Umum Kota Malang dan aplikasi Ipusnas yang merupakan akses koleksi digital Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Semua bahan bacaan berbentuk digital ini, bisa dimanfaatkan melalui gawai elektronik, hingga laptop dan komputer rumah. Masyarakat bisa membaca dengan nyaman dari mana saja, dari perangkat apa saja dan terutama, tanpa biaya

Semoga bermanfaat

Related Articles

Back to top button