ArtikelBerita

Selamat Hari Batik Nasional 2024

Malang, 02/10/2024

Nawak Dispussipda, Hari Batik Nasional, yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober seperti saat ini, merupakan pengakuan dan penghargaan terhadap batik sebagai warisan budaya Indonesia. Peringatan ini ditetapkan oleh pemerintah setelah badan internasional PBB bidangbudaya yaitu UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Budaya Takbenda pada 2 Oktober 2009. Penetapan ini tidak hanya mengukuhkan posisi batik di kancah internasional, tetapi juga mengingatkan bangsa Indonesia untuk melestarikan dan membanggakan warisan leluhur ini.

Ada beberapa poin utama yang menjadi dasar peringatan Hari Batik Nasional. Antara lain bahwa batik telah diakui sebagai salah satu keragaman budaya global, dengan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Selain itu, dengan peringatan hari Batik Nasional juga memperkuat rasa nasionalisme. Bukan hanya sekedar fashion, mengenakan batik dengan ragam motif dari seluruh penjuru nusantara mengingatkan akan nilai budaya lokal yang tersirat dari motif masing-masing daerah. Dari situ, akan dibangkitkan rasa ikut memiliki dan upaya untuk terus melestarikan warisan budaya tanah air sehingga tidak akan tergerus oleh arus modernisasi

Dengan demikian, Hari Batik Nasional bukan hanya sekedar memperingati batik sebagai warisan budaya, tetapi juga tentang mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk bangga, mencintai, dan menjaga batik sebagai bagian dari jati diri bangsa Indonesia. Peringatan ini mengajak kita semua untuk menyadari bahwa batik adalah cerminan dari keindahan, keragaman, dan sejarah panjang bangsa yang patut dirayakan dan dilestarikan sepanjang masa.

Selamat hari Batik Nasional 2024

Related Articles

Back to top button